Kayu Masih Populer di Indonesia?

Penggunaan kayu untuk pembangunan masih diminati di masyarakat Indonesia. Pemanfaatan hasil alam ini banyak digunakan untuk kontruksi bangunan atau furnitur. Kayu juga menjadi alternatif yang cukup mudah didapat, karena Indonesia memiliki banyak hutan dengan jenis pohon yang beragam.

Munculnya beberapa bahan alternatif dalam pembuatan kontruksi bangunan atau benda lainnya tidak menyurutkan permintaan kayu. Masyarakat memanfaatkan jenis kayu yang berbeda untuk setiap benda yang akan dibuat. Ini merujuk pada karakter serta kualitas kayu. Banyak orang masih mempertahankan kayu sebagai bahan baku karena berbagai alasan, diantaranya:

1. Mudah didapat
Kayu merupakan bahan baku yang mudah didapat di berbagai daerah, sehingga kayu lebih populer digunakan oleh masyarakat.
perusahaan kayu di batam . Murah
Harga kayu disesuaikan dengan jenis dan ukuran, namun hal ini masih terjangkau oleh masyarakat umum.
3. Mudah dibentuk
Kayu mudah dibentuk menjadi benda yang diinginkan. Kayu dapat disusun atau dirangkai dengan menggunakan media lain seperti sekrup, paku atau lem.
4. Keindahan
Tekstur kayu yang menampilkan keindahan alam menjadi salah satu alasan masyarakat memilih kayu. Kayu sering dijadikan ornamen yang digunakan dalam kontruksi yang memiliki nilai seni tinggi.
5. Lentur
Sifatnya yang lentur membuat kayu lebih kuat terhadap tekanan. Kayu dapat menahan gaya tarik dan gesekan karena karakternya tidak sekaku beton, sehingga dapat menopang beban lebih baik.

Nilai positif kayu sebagai bahan kontruksi bangunan tentu miliki kekurangan juga, seperti:
a. Mudah terbakar.
b. Rentan terhadap serangan hama seperti jamur, rayap, atau serangga lain yang dapat merusak fisik kayu.
c. Tidak tahan suhu lembab.
d. Lebih mudah memuai sehingga akan mengubah ukuran ketika terjadi perubahan suhu udara.
e. Membutuhkan perawatan khusus untuk menjaga keadaan kayu tetap baik.
f. Tidak semua jenis kayu dapat digunakan untuk kontruksi bangunan, maka pengguna harus mengetahui jenis yang sesuai dengan fungsinya.
g. Beberapa jenis kayu memiliki harga yang mahal. Ini dipengaruhi oleh kualitas dan juga ketersediaan barang.

Kekurangan kayu ini tidak terlalu berpengaruh pada permintaan pasar. Masyarakat umum banyak yang tetap memilih kayu untuk kebutuhan pembangunan. Alasan ini menjadi tolak ukur perkembangan bisnis perkayuan tetap berperan penting dalam perekonomian di Indonesia.

Salah satu daerah yang terkenal sebagai pemasok kayu di Indonesia adalah Batam. Kayu di Batam telah tersebar ke berbagai daerah baik dalam maupun luar negeri. Bisnis yang cukup populer di kota ini menawarkan jenis kayu beragam, mulai dari kayu mentah berukuran besar, kecil, hingga kayu olahan.

Keterlibatan teknologi dalam pengolahan kayu juga mewarnai persaingan industri perkayuan di Batam. Banyak produk olahan kayu menarik yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan kontruksi ataupun furnitur. Anda tertarik dengan koleksi kayu di Batam?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *